PEMBINAAN SATLINMAS DESA MEMBALONG KECAMATAN MEMBALONG

Berita dan Informasi Linmas Sosialisasi

Membalong – Selasa, 11 Juli 2023 bertempat di Balai Desa Kantor Desa Membalong Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Anggota Satlinmas Desa Membalong serta Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Belitung No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum oleh Satpol PP Kabupaten Belitung.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan tiga materi utama yaitu mengenai peraturan dan tugas pokok serta fungsi anggota Satlinmas. Kedua, mengenai peraturan daerah No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum. Ketiga, mengenai pelatihan kesamaptaan dan PBB dasar.

Dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat pada tingkat kecamatan dibentuk pengorganisasian Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di masing – masing desa / kelurahan. Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ini didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Dalam dasar hukum tersebut diatur tentang mekanisme perekrutan, keanggotaan, tugas, hak dan kewajiban, pemberdayaan, pembinaan, pelaporan, hingga pembiayaan Satlinmas.

Dengan adanya kegiatan Pembinaan Anggota Satlinmas Desa Membalong ini diharapkan sebagai bekal para anggota Satlinmas agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi linmas dalam membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana di wilayah Desa Membalong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *