PEMBINAAN ANGGOTA SATLINMAS DESA SELIU KEC. MEMBALONG KAB. BELITUNG

Berita dan Informasi Linmas

 

Satlinmas adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hari Senin, tanggal 19 Desember 2022 Pukul : 10.00 WIB di Balai Desa Kantor Desa Seliu Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Anggota Satlinmas Desa Seliu serta Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Belitung No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum oleh Satpol PP Kabupaten Belitung.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri langsung  oleh Sekretaris Pol PP Kab. Belitung H. Abdul Hadi.,S.Ikom., Kabid Linmas Saiman, S.IP ,Sekretaris Desa Seliu Dedi Rahman, Kasi Satlinmas Yusma Betty, A.Md, Irwan Mahfudz, S.Mn (Sub Koordinator Binluh),  Irsan (Pranata Linmas) dan Anggota Satpol PP lainnya serta peserta pembinaan linmas berjumlah 10 orang. 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan tiga materi. :

Materi I mengenai Peraturan dan Tugas Pokok serta Fungsi anggota Linmas oleh Saiman, S. IP (Kabid Linmas).

Materi II mengenai Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum oleh Irwan Mahfudz, S.Mn. (Sub Koordinator Binluh).

Materi III mengenai Pelatihan Kesamaptaan dan PBB dasar oleh Irsan (Pranata Linmas).

Dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar. Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini dikarenakan akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk membekali para anggota linmas dengan pengetahuan dan wawasan agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi linmas dalam membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana di wilayah Desa Seliu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *