PEMBINAAN ANGGOTA SATLINMAS DESA CERUCUK KEC. BADAU KAB. BELITUNG

Berita dan Informasi Linmas Sosialisasi

Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hari Selasa, 13 Juni 2023 di Balai Desa Kantor Desa Cerucuk Kecamatan Badau Kabupaten Belitung telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Anggota Satlinmas Desa Cerucuk serta Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Belitung No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum oleh Satpol PP Kabupaten Belitung.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri langsung  oleh Kasat Pol PP Kab. Belitung dalam hal ini diwakili oleh Saiman, S.IP (Kabid Linmas), Kusmadi (Kepala Desa Cerucuk), Sadiman (Sekdes), Sonya Butar Butar, S.E (Kasi Bina Potensi Masyarakat), Yusma Betty, A.Md (Kasi Satlinmas), Irwan Mahfudz, S.Mn (Kasi Pengawasan dan Penindakan), Aji Saputra, S.A.P, (Calon Pol PP Ahli Pertama), Selvia Pebrianti, A.Md (Calon Pol PP Terampil), Irsan (Pranata Linmas) serta para peserta pembinaan Satlinmas Desa Cerucuk.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan tiga materi inti. Materi pertama mengenai Peraturan dan Tugas Pokok serta Fungsi anggota Satlinmas dalam hal ini disampaikan oleh Sonya Butar Butar, S.E (Kasi Bina Potensi Masyarakat).

Materi kedua mengenai Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum oleh Irwan Mahfudz, S.Mn. (Kasi Pengawasan dan Penindakan).

Materi ketiga mengenai Pelatihan Kesamaptaan dan PBB dasar oleh Irsan (Pranata Linmas).

Dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar. Satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat. Ini dikarenakan akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk membekali para anggota linmas dengan pengetahuan dan wawasan agar lebih memahami tugas pokok dan fungsi linmas dalam membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana di wilayah Desa.

1 thought on “PEMBINAAN ANGGOTA SATLINMAS DESA CERUCUK KEC. BADAU KAB. BELITUNG

  1. I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog.
    Is this a paid theme or did you customize it yourself?
    Either way keep up the nice quality writing, it is rare
    to see a great blog like this one today.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *