PEMBINAAN DAN PENINGKATAN KAPASITAS SATLINMAS KELURAHAN KAMPONG DAMAI

Berita dan Informasi Linmas

Tanjungpandan – Senin, (25/9) bertempat di Kantor Kelurahan Kampong Damai telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Satlinmas Kelurahan Kampong Damai Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kasat Pol PP Kabupaten Belitung Hendri Suzanto, S.Sos., M.M.Tr. sekaligus membuka acara kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Satlinmas Kelurahan Kampong Damai Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung dan juga memberikan arahan dan materi pengantar mengenai Satlinmas.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua hari tersebut disampaikan beberapa materi  yaitu mengenai Peran dan Tupoksi Satlinmas yang disampaikan oleh Sonya Butar Butar, S.E. Materi mengenai Hak dan Kewajiban disampaikan oleh Yusma Betty, A.Md. Materi 7 Pokok Penyelenggaraan Trantibum skala Kelurahan/Desa serta Optimalisasi Peran Deteksi Dini Satlinmas dalam Pencegahan Penyalahgunaan Obat Bebas Terbatas dan Kratom yang disampaikan oleh Rizky Anugrah Perdana, S.H. Pada hari kedua disampaikan materi terakhir yaitu mengenai Sikap dan Mental Disiplin, Tata Cara Upacara dan Peraturan Baris-Berbaris yang disampaikan oleh Irsan.

Dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat pada tingkat kecamatan dibentuk pengorganisasian Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di masing – masing kelurahan/desa. Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ini didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *